Gedung Tertinggi Di Indonesia

Posted: Oktober 28, 2009 in Arsitektur
Tag:, , ,

Wisma 46 di tengah-tengah pencakar langit Jakarta

Indonesia tak kalah dengan negara-negara lain yang telah maju di dunia. Mampu membuat struktur bangunan yang menjulang tinggi ke langit. Saat ini bangunan tertinggi di Indonesia ialah menara televisi Indosiar, yang terletak di daerah Kembangan, Jakarta Barat. Tinggi menara mencapai 395 meter dan berfungsi sebagai pemancar siaran Indosiar ke seluruh Indonesia.

Untuk kategori gedung tertinggi, Indonesia belum bisa berbicara banyak. Gedung-gedung tinggi di Indonesia, masih kalah ukuran jika dibandingkan dengan gedung-gedung di Kuala Lumpur atau Singapura. Malah jika dibandingkan dengan negara-negara seperti Amerika Serikat, Cina, ataupun Uni Emirat Arab, Indonesia tidak ada apa-apanya. Sejak tahun 1997, Indonesia telah berencana untuk membangun gedung tertinggi di dunia, yakni Menara Kemayoran. Namun, menara yang kabarnya akan dibangun setinggi 550 meter ini, hingga kini tak pernah terwujud. Sekarang Indonesia hanya berpuas diri dengan Wisma 46, yang menjadi gedung tertinggi dengan ketinggian 262 meter. Gedung perkantoran milik Bank Negara Indonesia ini terletak di Jalan Sudirman, tepat di jantung ibu kota Jakarta. Bentuknya yang unik seperti pulpen, menjadikan Wisma 46 sebagai ikon kota Jakarta disamping Tugu Monas. Pembangunan Indonesia yang tidak merata, tercermin pula pada penyebaran pencakar langitnya, dimana dari 25 pencakar langit tertinggi, semuanya berada di Jabotabek (baca: Jakarta).

 

Berikut 25 Gedung Tertinggi di Indonesia :

The Peak Tower

1. Wisma 46, tinggi 262 meter, 48 lantai, selesai dibangun tahun 1996, terletak di Jalan Sudirman Jakarta Pusat.
2. Menara BCA, tinggi 230 meter, 56 lantai, selesai dibangun tahun 2009, terletak di Jalan Thamrin Jakarta Pusat.
3. The Peak Tower I, tinggi 218,5 meter, 55 lantai, selesai dibangun tahun 2006, terletak di Jalan Sudirman Jakarta Selatan.
4. The Peak Tower II, tinggi 218,5 meter, 55 lantai, selesai dibangun tahun 2006, terletak di Jalan Sudirman Jakarta Selatan.
5. Graha Energi, tinggi 217 meter, 40 lantai, selesai dibangun tahun 2008, terletak di Sudirman CBD Jakarta Selatan.
6. Kempinski Residences, tinggi 217 meter, 57 lantai, selesai dibangun tahun 2009, terletak di Jalan Thamrin Jakarta Pusat.
7. Bakrie Tower, tinggi 215 meter, 48 lantai, selesai dibangun tahun 2009, terletak di Rasuna Epicentrum Jakarta Selatan.
8. Ritz-Carlton Jakarta Tower A, tinggi 212 meter, 48 lantai, selesai dibangun tahun 2005, terletak di Mega Kuningan Jakarta Selatan.
9. Ritz-Carlton Jakarta Tower B, tinggi 212 meter, 48 lantai, selesai dibangun tahun 2005, terletak di Mega Kuningan Jakarta Selatan.
10. Plaza Indonesia Extension Tower A, tinggi 210 meter, 48 lantai, selesai dibangun tahun 2009, terletak di Jalan Thamrin Jakarta Pusat.
11. Plaza Indonesia Extension Tower B, tinggi 206 meter, 47 lantai, selesai dibangun tahun 2009, terletak di Jalan Thamrin Jakarta Pusat.

Plaza Indonesia Extension

12. Wisma Mulia, tinggi 195,1 meter, 54 lantai, selesai dibangun tahun 2003, terletak di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan.
13. Sudirman Place, tinggi 183 meter, 42 lantai, selesai dibangun tahun 2006, terletak di Jalan Sudirman Jakarta Pusat.
14. UOB Plaza, tinggi 170 meter, 45 lantai, selesai dibangun tahun 2007, terletak di Jalan Thamrin Jakarta Pusat.
15. Aston Veranda, tinggi 170 meter, 39 lantai, selesai dibangun tahun 2009, terletak di Jalan S. Parman Jakarta Barat.
16. Indofood Tower, tinggi 170 meter, 36 lantai, selesai dibangun tahun 2006, terletak di Jalan Sudirman Jakarta Selatan.
17. Menara Kadin Indonesia, tinggi 168,9 meter, 37 lantai, selesai dibangun tahun 1997, terletak di Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan.
18. The Peak Tower III, tinggi 165 meter, 35 lantai, selesai dibangun tahun 2006, terletak di Jalan Sudirman Jakarta Selatan.

Bakrie Tower

19. The Peak Tower IV, tinggi 165 meter, 35 lantai, selesai dibangun tahun 2006, terletak di Jalan Sudirman Jakarta Selatan.
20. Apartemen Amartapura Tower I, tinggi 163,1 meter, 52 lantai, selesai dibangun tahun 1996, terletak di Lippo Karawaci, Tangerang.
21. Menara Matahari, tinggi 162 meter, 41 lantai, selesai dibangun tahun 1996, terletak di Lippo Karawaci, Tangerang.
22. Plaza BII Tower II, tinggi 160 meter, 39 lantai, terletak di Jalan Thamrin Jakarta Pusat.
23. Apartemen Da Vinci, tinggi 160 meter, 36 lantai, selesai dibangun tahun 2003, terletak di Jalan Sudirman Jakarta Pusat.
24. Sahid Sudirman Residences, tinggi 158,2 meter, 44 lantai, selesai dibangun tahun 2009, terletak di Jalan Sudirman Jakarta Pusat.
25. Oakwood Premier Conzo, tinggi 158 meter, 40 lantai, selesai dibangun tahun 2006, terletak di Mega Kuningan Jakarta Selatan.

Sumber foto : http://www.skyscrapercity.com

About these ads
Komentar
  1. chotim mengatakan:

    Ternyata Tempt kerja g termasuk gedung tertinggi di indonesia

  2. afandri81 mengatakan:

    Mang tempat kerja Chotim dimana?

  3. dEnn mengatakan:

    kan sekarang udah ada equity tower, tingginya 220.m

  4. afandri81 mengatakan:

    Sori Denn, daftar di atas gak termasuk bangunan yang selesai tahun 2010. Tapi saya gak yakin kalau Equity Tower tingginya sampai 220 meter.

  5. ohhhh…kq cuman 25 c…gedung2 tinggi di Indonesia…masih kalah ama MAlay n’ Singapore

    • afandri81 mengatakan:

      Salam kenal. Sebenarnya pencakar langit di seluruh Indonesia bisa sampai ratusan Rez, tapi disini saya cuma nge-list 25 besar saja.

  6. arifin mengatakan:

    sory mas….
    kayakx judulx salah deh….
    bukan gedung tertinggi di indonesia,tp gedung tertinggi di jakarta…
    buktinya jakarta j yg di bahas….
    indonesia kan luas……..

    • afandri81 mengatakan:

      Salam kenal Sdr. Arifin
      Daftar 25 Gedung Tertinggi di Indonesia ini, diurutkan berdasarkan tinggi bangunan dari tanah hingga ke titik teratas bangunan. Dan kebetulan 25 Gedung Tertinggi di Indonesia itu, semuanya berada di Jakarta (Jabotabek). Jadi saya rasa, judul “Gedung Tertinggi di Indonesia” yang ditampilkan, sah-sah saja.

  7. yants_ib3ng mengatakan:

    HARUSNYA RUMAH SAYA DIMASUKIN YG TERTINGGI…….HEHEHEHEEE KRENA SYA TINGGALNYA DI ATAS GUNUNG….YG TINGGINYA 1700 METER……HEHEHEHEEEE TUL GK….MASUKIN YAAA…????

  8. didin mengatakan:

    surabaya mna gedung tingginya kok gag ada sih, pdahal kan kota terbesar no 2 di indonesia

  9. jjj mengatakan:

    gmn dgn surabaya adhiwangsa apartment ??? 46 lantai ??? lbh dri 200 meter??? itukan seharusnya msuk..

    • Afandri Adya mengatakan:

      Adhiwangsa Apartement masih dalam rencana Gan. Sedangkan daftar ini per Oktober 2009, untuk pencakar langit yang sudah selesai pembangunannya.

      • derr mengatakan:

        Adhiwangsa udah jadi lumayan lama gan, lenmarc aja udah lumayan laam dibuka, sejak tahun 2010 kmrin…dalam perencanaan piye, wong mbangunnya aja sejak 2007…silahkan cek sndiri ke sby klo g percaya

  10. mucelis muchtar mengatakan:

    Udah Banyak Gedung tinggi di indonesia Dan kita Harus bersyukur,..

  11. irma mengatakan:

    saya sich ga masalah kalau kita tidak punya gdung tinggi,karena gdung2 tinggi salah satu penyebab global warming…..saya lebih suka kalau Indonesia lbh banyak ruang hijaunya…dulu sempat bangga dgn hutan kalimantan yg suka disebut sbg paru2 bumi,tp skrg hutan kalimantanpun entah tinggal brp persen yg msh terjaga kelestariannya T3T

    • indra_cakra mengatakan:

      kalau sudah berlomba-lomba orang bangun gedung – gedung tinggi, berarti kiamat sudah dekat. hayyooo yang belum insyaf segeralah……..

      • Afandri Adya mengatakan:

        Tidak ada kitab suci yang mengatakan bahwa salah satu tanda-tanda kiamat adalah berlomba-lombanya manusia membangun gedung-gedung tinggi. Raja-raja Mesir telah berlomba-lomba membangun bangunan tinggi (piramida) sejak 6000 tahun lalu, toh sampai hari inipun kiamat belum tiba. Jadi pernyataan yang Sdr. Indra sampaikan, saya rasa kurang tepat. Terima kasih.

  12. Irlina mengatakan:

    haahaaaa… baru selesai baca ini artikel, ngeliat pemandangan diluar gedung ternyata “Jyahhhh… itu kan gedung yang barusan gua baca” ternyata ada di depan mata.. :)

  13. Irlina mengatakan:

    setuju banget dengan Afandri Adya.. memang tidak ada kitab suci yang mengatakan seperti itu, :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s