Kiat Tangkal Virus Corona Bagi Pengguna Kereta Komuter

Posted: 21 Mei 2020 in Kesehatan
Tag:, , , ,

Sejak virus Covid-19 mewabah pada pertengahan Maret 2020 lalu, sebagai pekerja yang menggunakan layanan kereta komuter tentu saya cukup khawatir. Hal ini dikarenakan penyebaran virus Covid-19 dapat terjadi melalui siapa saja dari percikan (droplet) air liur, baik batuk ataupun bersin. Dikarenakan pengguna layanan kereta komuter sangatlah ramai, maka jarak antar penumpang kadang tak terperhatikan. Namun semenjak virus ini merebak, banyak orang yang takut berdekatan dengan penumpang yang sedang batuk ataupun bersin.

Untuk mengantisipasi agar tidak terpapar virus Covid-19, bagi Anda pengguna layanan kereta komuter ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 :

1. Meningkatkan stamina

Para pengguna kereta komuter biasanya sering mengalami kelelahan dalam bekerja. Untuk itu, agar tak mudah terpapar virus Covid-19, Anda harus meningkatkan stamina. Ini agar Anda memiliki daya tahan tubuh yang prima, sehingga dapat menangkal virus dengan baik. Tidur yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, serta rajin berolahraga, adalah beberapa cara untuk meningkatkan stamina. Mengonsumsi vitamin dari suplemen, seperti vitamin C, vitamin D, dan vitamin E, juga sangat dianjurkan. Istirahatlah sejenak jika merasa letih atau lelah. Hindari stres serta depresi, karena hal ini akan menyebabkan daya tahan tubuh melemah.

2. Melakukan physical distancing

Buat Anda yang sehari-hari menggunakan layanan kereta komuter, mohon agar menghindari rangkaian kereta yang terlalu ramai. Dengan berdiri atau duduk saling bersebelahan, maka potensi terserang virus Covid-19 akan semakin besar. Untuk itu disarankan agar menjaga jarak setidaknya satu meter, terlebih dari penumpang yang sedang batuk atau bersin. Jika tidak memungkinan, maka sebaiknya menunggu rangkaian kereta selanjutnya.

Begitu juga ketika berada di area stasiun. Hindari untuk bersebelah-sebelahan dengan penumpang lain, dan menjaga jarak ketika mengantri tapping atau sedang menaiki tangga. Berkerumun di depan loket atau mini market, juga bisa berpotensi terjadinya penularan virus Corona.

3. Menggunakan masker

Meski terasa kurang nyaman, namun pastikan Anda telah menggunakan masker ketika memasuki area stasiun. Bagi Anda yang sedang sakit flu, masker sangat berguna untuk menghambat penularan ke orang lain. Dan bagi Anda yang masih sehat, masker akan menangkal virus yang tersebar disekitar untuk masuk ke dalam mulut serta saluran pernapasan.

Dalam menggunakan masker, kita harus memperhatikan cara yang benar. Antara lain masker harus digunakan ketika tangan dalam keadaan bersih, dan yang terpenting menutupi hidung dan mulut. Masker sebaiknya digunakan sekali dalam sehari, tidak boleh sering dibuka pasang, apalagi dibolak-balik. Dengan bagian dalam masker yang bersih, maka akan menghindari risiko terjadinya infeksi virus.

4. Membawa cairan pencuci tangan

Sebagai pengguna layanan kereta komuter, pastikan Anda selalu membawa cairan pencuci tangan. Cukup bawa cairan pencuci tangan berukuran 60 mililiter. Dengan ukuran sebesar itu, cairan dengan mudah disimpan di saku celana atau di dalam tas. Sehingga lebih praktis. Cairan pencuci tangan setidaknya mengandung 60% alkohol. Dengan membawa cairan pencuci tangan sendiri, maka akan memudahkan Anda membersihkan tangan dari virus yang menempel saat menyentuh pintu atau besi di kereta komuter.

Jika Anda tidak membawa cairan pencuci tangan, pastikan selama di perjalanan Anda tidak menyentuh mulut, hidung, atau mengucek mata. Segeralah cuci tanganmu ketika tiba di stasiun tujuan, guna mencegah masuknya virus Covid-19.

* * *

Pengguna kereta komuter memang lebih berisiko terpapar virus karena sering berada di dalam rangkaian kereta yang berisi banyak orang. Sehingga hal ini mengharuskan para pengguna ekstra hati-hati terhadap penularan virus, khususnya Covid-19 yang sedang melanda dunia. Meski di tengah pandemi seperti ini, jangan sampai mengurangi produktivitas dan semangat Anda. Tetaplah sehat dengan memperhatikan langkah-langkah praktis di atas.

Bila Anda merasa tidak enak badan, disarankan untuk segera beristirahat serta melakukan pengecekan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat. Untuk pengobatan secara online, Halodoc selalu siap membantu Anda dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik. Untuk berkonsultasi dengan dokter pilihan, Anda bisa langsung chat dengan mengklik nama dokter di aplikasi Halodoc. Nah bagi Anda yang khawatir apakah sedang terpapar virus Covid-19, saat ini Halodoc juga menerima layanan rapid test. Silahkan kunjungi aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s