Siapa dan Bagaimana 9 Youtuber Indonesia Paling Hits

Posted: 22 Agustus 2020 in Hiburan
Tag:, ,

Gak nyangka ya sekarang, kalau Youtube bisa menggeser preferensi seseorang dari yang sebelumnya nonton tivi, jadi nonton Youtube, Ya kali, kamu masih mau nonton sinentron yang gak selesai-selesai jalan ceritanya. Atau acara lawakan yang cuma body shaming. Zaman kekinian gitu loh. Disaat orang punya seabrek pilihan, ngapain juga mau nongkrongin acara yang gak mutu. Mungkin semua Anda sudah tahu, kalau Youtube bisa semenarik itu karena diisi oleh konten-konten yang oke punya. Nah dalam artikel kali ini, kami akan mengajak Anda melihat siapa-siapa saja content creator atau Youtuber yang mewarnai jagad peryutuban Indonesia. Banyak diantara mereka yang awalnya cuma iseng-iseng, dari nyalurin hobi sampai akhirnya dapat cuan gede. Ada juga yang lagi sepi order, maksudnya yang biasanya main film atau show, tapi karena satu dan lain hal akhirnya ikutan jadi Youtuber juga. Siapa saja mereka, yuk kita kulik satu per satu.

Raffi Ahmad

Wah ini Youtuber yang sedang naik daun. Bersama istrinya Nagita Slavina (Gigi), Raffi membuat kanal Youtube yang bernama RANS Entertainment. Nama itu diambil dari singkatan nama mereka berdua : Raffi Ahmad Nagita Slavina. Meski masih seumur jagung, namun kini kanal Youtube mereka sudah diikuti oleh sekitar 17,1 juta subscribers. Kontennya bermacam-macam, namun sebagian besar berisi keseharian rumah tangga mereka. Banyak pula acaranya yang melibatkan putra semata wayang : Rafathar Malik Ahmad. Dari sekian banyak acara yang dirilis, yang paling laku adalah acara beli mobil mahal. Ya Raffi sering menunjukkan mobil barunya yang dibeli dengan harga puluhan milyar. Dalam suatu episode terlihat Raffi sedang memberikan mobil Range Rover untuk istrinya, dan Mercy untuk mamanya. Di episode lain, dia pernah nawar oplet legendaris Si Doel untuk ditukar dengan Rolls Royce miliknya. Untuk meraup jumlah penonton, kadang Raffi bikin acara yang rada aneh. Dia pernah ngerjain Rafathar supaya mau jadi anaknya Baim Wong. Atau ngebohongin Gigi kalau dia mau nikah lagi. Emang bener deh Raffi, bisa aja lo.

Atta Halilintar

Siapa yang tak kenal dengan Atta Halilintar, Youtuber dengan jumlah subscribers terbanyak di Indonesia. Namanya melambung sejak tiga tahun terakhir karena sering menghadirkan konten-konten yang menghibur. Kontennya sebenarnya receh, gak ada yang terlalu serius. Hanya seputar kehidupan remaja yang menjelang dewasa. Namun karena ia berkepribadian santun dan menarik, jadilah konten-kontennya diminati anak-anak muda. Hampir setiap hari dia mengunggah kanal Youtube-nya, dengan rata-rata penonton sekitar 4 – 12 juta per konten. Acaranya yang menarik adalah Grebek Rumah. Di acara ini dia sering mendatangi rumah orang-orang sukses dan berbincang dengan mereka. Atta telah mendatangi rumah-rumah pengusaha seperti Sandiaga Uno, Basrizal Koto, serta artis-artis papan atas diantaranya Sule, Andre Taulany, Rossa, hingga Istana Presiden. Tak jarang dalam kontennya ia membuat kehebohan atau istilah anak sekarang : nge-prank. Ya, dia mungkin yang menginspirasi Youtuber lain untuk membuat acara prank yang gak mendidik itu. Karena banyak diprotes orang, sekarang agaknya dia sudah mengurangi acara model itu.

Atta mungkin merupakan influencer Indonesia yang paling berpengaruh saat ini. Sebelum terjun ke dunia Youtube, dia adalah seorang pengusaha. Atta pernah berjulan handphone dan mobil bekas. Ketika berjualan mobil bekas inilah dia mulai mempelajari cara membuat video-video unik untuk menarik pembeli. Dari situ dia coba terus berkembang hingga menjadi Youtuber paripurna. Namanya semakin terkenal setelah ibunya, Lenggogeni Faruk (Gen), menerbitkan buku yang berjudul My Family My Team, dan diundang oleh banyak stasiun televisi. Tahun lalu, CNBC Indonesia menyebut kalau Atta sebagai Youtuber dengan subscribers terbanyak nomor delapan di dunia. Gak tanggung-tanggung media itu juga memprediksi penghasilan Atta yang mencapai Rp 23,6 miliar per tahun. Meski sudah menjadi seorang pemengaruh paling top di Indonesia, namun Atta tetap low profile. Sikap inilah yang agaknya membuatnya diterima di kalangan remaja.

Gen Halilintar

Keluarga yang satu ini boleh dibilang salah satu keluarga paling hits di Indonesia. Bagaimana tidak, hampir semua anak-anak dan remaja tanggung di Indonesia mengetahui nama dari kesebelas anak-anak Gen Halilintar. Ya, Gen dan Halilintar merupakan orang tua dari Atta, Sohwa, Sajidah, Thariq, Abqariyyah, Saaih, Fatim, Fateh, Muntaz, Saleha dan Qahtan. Lenggogeni dan Asnof Halilintar adalah pasangan pengusaha yang kemudian memenej anak-anaknya untuk menjadi Youtuber. Ya, kesebelas putra-putri mereka menjadi kreator konten dan memiliki kanal masing-masing. Selain Atta, Saaih juga merupakan Youtuber yang cukup aktif. Saat ini bocah plontos berusia 18 tahun itu, sudah diikuti oleh 12,7 juta subscribers. Dan uniknya, kedua kakak beradik itu memiliki pangsa pasarnya masing-masing. Kalau Atta menyasar para remaja – anak-anak SMA serta mahasiswa, Saaih menjadi idola anak-anak SD dan SMP. Kakak perempuan Saaih : Sohwa, juga memiliki subscribers yang tak bisa dibilang sedikit. Gadis yang suka membuat konten make-up dan tutorial hijab itu sudah diikuti oleh 3,1 juta subscribers.

Berangkat dari keluarga yang relijius, Gen Halilintar berhasil melakukan positioning dan menjadikan mereka berbeda. Tak seperti yang kita lihat di acara-acara gosip, mereka merupakan keluarga yang harmonis. Keluarga yang mampu menampilkan nilai-nilai khas Indonesia, seperti kasih sayang, tolong menolong, dan hormat kepada orang tua. Tak jarang dalam konten mereka, ditampilkan kisah kakak yang menolong adiknya, atau anak-anak yang berbakti kepada orang tua. Meski acara itu adalah sandiwara belaka, namun setidaknya mereka mampu menghadirkan nilai-nilai positif. Yang juga menarik dari keluarga ini adalah mereka cukup menghibur. Dalam artian mereka juga tampil layaknya para selebritis. Tak sedikit lagu yang sudah mereka kover dan ciptakan. Salah satu yang cukup populer adalah Ziggy Zagga. Lagu ini berkisah tentang putra-putri Gen Halilintar yang memiliki keunikannya masing-masing. Hingga tulisan ini diturunkan, lagu itu sudah dilihat oleh 161 juta viewers.  

Baim Wong

Hai bosque, begitu sapaan Ibrahim “Baim” Wong ketika memulai konten kanal Youtube-nya : Baim Paula. Kanal ini merupakan Youtube official dari pasangan Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven. Hingga tulisan ini diturunkan, Baim Paula telah mengumpulkan sekitar 15,6 juta pelanggan. Belakangan, kontennya sering mengulas rumah-rumah mewah. Namun yang menarik, ia berhasil menampilkan cerita di balik si pemilik rumah tersebut. Dalam suatu episode, Baim pernah mendatangi sebuah rumah yang pemiliknya mengasuh anak-anak yang tak diurus orang tuanya. Di episode lain, Baim juga sering membantu para pedagang kecil di pinggir jalan. Ia pernah membantu pedagang tebu yang gak ngirim uang untuk anak-istri, karena penjualannya yang menurun. Ia juga pernah nyamar jadi hansip lalu membantu penjual sayur dan tukang ojek pangkalan. Baim juga salah satu Youtuber yang sering bagi-bagi hadiah. Konon kegiatan giveaway itu katanya dibantu oleh para sponsor. Ya, Baim merupakan seorang Youtuber yang juga menjadi endorser berbagai produk. Pantas dia menjadi salah satu Youtuber dengan penghasilan tertinggi saat ini. 

Raditya Dika

Dika adalah salah satu Youtuber paling gokil di Indonesia. Bagaimana tidak, dia berhasil membuat acara untuk para remaja yang mau mencurahkan hatinya. Gak tanggung-tanggung, untuk ikut ke acara itu kita harus bayar guys! Bukan Dika namanya kalau gak berhasil mengemas sesuatu menjadi hal yang menguntungkan. Ingat kan dulu waktu dia bikin komik “Kambing Jantan”. Padahal ceritanya cuma gitu-gitu aja, seputar kekonyolan hidupnya. Tapi bisa booming, bahkan sampai difilm-kan. Terus ketika ikut Stand Up Comedy, Dika-pun juga sering curhat dan goblok-goblokin dirinya sendiri. Itupun booming. Nah ketika masuk ke ranah Youtube, Dika tetap mempertahankan genre-nya. Cerita-cerita alay para remaja. Bayangin, cuma ngomongin Instagram aja, Dika dapat 12 juta viewers. Yang menarik dari Dika sebenarnya adalah jokes-jokes-nya yang segar. Dia selalu memiliki premis-premis yang pas dengan kondisi anak muda kekinian.   

Najwa Shihab

Dari sekian banyak Youtuber Indonesia, Najwa merupakan salah satu favorit saya. Putri ulama kondang Quraish Shihab itu sejak tahun lalu telah meluncurkan Narasi TV. Di kanal tersebut, kita bisa menyaksikan Najwa berbincang-bincang dengan para tokoh serta anak-anak muda fenomenal. Untuk seorang pewawancara, Najwa memang tiada duanya. Dia acapakali mencecar, namun juga terkadang memuji tokoh yang ia wawancarai. Gayanya tetap sama, seperti ketika ia menjadi host Mata Najwa. Berbeda dengan para Youtuber lainnya, Najwa menyasar anak-anak muda terdidik. Meski bermain di segmen sempit, tapi subscribers-nya sudah melebihi 5,5 juta orang. Yang menarik, ia acapkali mengangkat tema-tema unik dan menjadi pertanyaan kaum milenial. Pada sebuah episode, ia berbincang-bincang dengan Bahauddin Nur Salim — atau yang akrab disapa Gus Baha, dengan mengangkat tema soal cinta, taaruf, dan fans K-Pop. Ya, di sub-kanal Shihab & Shihab, ia bersama abi Quraish memang sering menyuarakan kegelisahan anak-anak muda jaman now.       

Bara Ilham

Bara Ilham alias Tanboykun merupakan food vlogger nomor wahid saat ini. Kegilaannya dalam menyantap makanan ternyata telah menghasilkan pundi-pundi yang gak bisa dibilang sedikit. Yang menjadi ciri khas Bara adalah makan makanan dalam jumlah besar dan disiarkan secara langsung – atau istilahnya mukbang. Dia pernah melahap delapan bungkus nasi padang sekaligus dan tujuh piring nasi kapau. Bukan karena dia orang Padang jadi makannya berselera. Tapi memang “tengki”-nya cukup besar. Selain bisa makan dalam jumlah besar, Bara juga tahan dengan makanan pedas. Dalam suatu episode, dia pernah menyikat 30 chicken wing super pedas. Di konten lain dia menyantap Indomie Abang Adek dengan 200 cabe rawit. Ia juga pernah makan 15 potong ayam KFC dengan saus samyang ekstra pedas. Saat ini, Bara memiliki jumlah pengikut sekitar 9,5 juta subscribers. Pengikut sebanyak itu tentu mengundang brand-brand besar untuk memintanya sebagai endorser. Dengan menjadi endorser pastinya Bara akan mendapatkan pemasukan tambahan. Jika dikalkulasi dengan jumlah penonton serta aktivitas endorsement, diperkirakan Bara bisa meraih Rp 1,7 miliar setiap bulannya.    

Nex Carlos

Makan cuy! Begitulah teriakan Nex Carlos ketika hendak memulai makan. Content creator yang satu ini memang giat buat acara makan-makan. Berbeda dengan pakar kuliner seperti Bondan Winarno misalnya, Nex tak mengerti masalah racikan bumbu atau rupa makanan. Dia hanyalah pencicip makanan yang tak begitu tahu dengan teori memasak. Karena dibawakan dengan riang, jadilah dia food vlogger kesukaan banyak orang. Mungkin saat ini dia Youtuber makanan dengan subscribers kedua terbanyak setelah Tanboykun. Saat ini Nex memiliki subscribers sekitar 3,3 juta orang. Berbeda dengan Bara yang bikin mukbang, Nex lebih sering mendatangi penjual makanan di pinggir jalan dan mengulasnya. Banyak warung-warung yang ia datangi kemudian menjadi laris dan viral. Seperti nasi telor Pontianak atau kedai nasi padang Mak Ciak di Kalibata. Awal membuat channel di Youtube, Nex berkolaborasi dengan food vlogger Ric SNT. Dari dialah Nex belajar ngeyutub. Namun seiring berjalannya waktu, nama Nex semakin berkibar, jauh meninggalkan food vlogger lainnya.  

Deddy Corbuzier

Siapa yang gak kenal dengan Deddy. Namanya sudah malang melintang di jagad hiburan tanah air sejak awal tahun 2000-an. Saat itu Deddy dikenal sebagai pesulap atau lebih tepatnya mentalist. Setelah tak lagi di dunia sulap, ia kemudian dilirik untuk menjadi host beberapa acara. Yang bertahan cukup lama adalah program Hitam Putih. Ketika membawakan acara ini, beberapa kali ia membuat kontroversi. Anehnya, karena kontroversi itulah namanya jadi semakin melambung. Kini setelah tak lagi manggung di televisi, Deddy banting setir menjadi Youtuber. Dia membuat podcast yang boleh dibilang saat ini memiliki penonton paling banyak. Hampir setiap hari dia mengundang bintang tamu untuk diajak berbincang. Biasanya topik yang diangkat adalah masalah yang sedang banyak dibicarakan orang saat itu.

Dedy memang content creator yang cerdas. Dia mampu melihat persoalan yang sedang heboh di masyarakat. Sampai ada yang berseloroh, kalau hari ini sedang trending di Twitter, maka besoknya pasti sudah ada di-podcast Deddy. Untuk menjadi podcaster nomor satu, apapun ia lakukan. Deddy tak segan-segan mengundang menteri hanya sekedar untuk dimintai penjelasan. Dia pernah mengundang “Mas Menteri” Nadiem Makarim pada bulan Juli lalu. Ketika itu sedang hangat-hangatnya pembicaraan mengenai belajar daring. Di episode lain, ia juga mengundang Mardigu Worwiek, seorang pengusaha yang tersakiti. Entah mengapa Mardigu menjadi pembicaraan orang saat itu. Tokoh antah berantah yang tiba-tiba menjadi terkenal karena ide-ide out of the box-nya. Ketika Krisdayanti dan Raul berseteru dengan Auriel dan Azriel, Deddy tak mau ketinggalan. Ia-pun mengundang pasangan itu melakukan klarifikasi. Namun sayang seribu sayang, dalam episode itu Deddy dihujani acungan jempol ke bawah. Ya, banyak orang yang gak suka kalau ia “membela” pasangan ini.

* * *

Ya begitulah jagad peryutuban Indonesia saat ini. Sudah banyak kreator-kreator konten yang inovatif. Mereka mampu membuat sajian yang memikat, demi merebut jutaan penonton di negeri ini. Yang harus diperhatikan ke depan adalah Kementerian Komunikasi dan Informasi harus mampu mengawasi konten-konten unfaedah. Konten-konten seperti penipuan, nge-bully orang, musti ditindak tegas. Kalau tidak, maka anak-anak yang menjadi basis penonton Youtube saat ini akan kehilangan arah. Semoga curhatan ini dibaca oleh Bapak Menteri yang terhormat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s