Perusahaan Top Dunia

Posted: September 17, 2007 in Ekonomi Bisnis
Tag:, , ,

Majalah ekonomi ternama asal AS, Fortune, kembali merilis daftar peringkat perusahaan dengan nilai penjualan terbaik. Dalam 50 teratas perusahaan dunia, Amerika Serikat masih mendominasi dengan menempatkan 18 perusahaannya, disusul kemudian oleh Jepang (6 perusahaan), Jerman dan Prancis (masing-masing 5 perusahaan), serta Inggris Raya (4 perusahaan). Di luar Jepang, perusahaan-perusahaan Asia mampu menempatkan empat perusahaan tambahan, yakni Sinopec (peringkat 23), State Grid (32), China National Petroleum (39), dan Samsung Electronics (46), tiga teratas merupakan perusahaan-perusahaan asal Cina, dan sisanya dari Korea Selatan.

Menarik untuk disimak bahwa industri minyak serta otomotif sedang menemukan momentumnya di tahun ini, tercermin dari keberhasilan Exxon Mobil menggeser Wal-Mart Stores sebagai perusahaan terakbar dunia. Pada tahun ini Exxon Mobil mampu membukukan penjualan sebesar US$ 339 milyar sedangkan Wal-Mart hanya membukukan US$ 315 milyar.  Industri otomotif tak kalah mentereng, keberhasilan 4 perusahaan otomotif masuk kedalam jajaran top 10 dunia, merupakan indikasi bahwa industri ini sangat menjanjikan, walaupun General Motors -raksasa otomotif asal Detroit- harus mengalami pendarahan yang cukup parah. Adanya rencana aliansi lintas benua antara GM-Renault-Nissan, melanjutkan tradisi mega merger yang terjadi pada perusahaan-perusahaan otomotif dunia.

Selain itu yang patut kita cermati ialah semakin kerasnya persaingan dalam industri elektronik, dimana jago negeri gingseng Samsung Electronics mampu menumbangkan samurai Jepang, Sony Corporation. Sony, yang dalam kurun dua dasawarsa terakhir mampu unjuk gigi sebagai perusahaan elektronik terbesar Asia harus takluk dari pendatang baru Samsung. Disamping diversifikasi usahanya yang makin melebar, kemenangan Samsung merupakan kemenangan para inovator Korea yang mampu menciptakan alat-alat elektronik bermutu tinggi. Tetapi pekerjaan besar Samsung belum berhenti sampai disini, Samsung masih harus menghadapi lawan yang jauh lebih tangguh, General Electric. Keberhasilan penetrasi Samsung ke pasar Amerika dan Eropa merupakan kunci untuk menjadi perusahaan elektronik terakbar dunia. Berdasarkan data tersebut, perusahaan Belanda ING Group menjadi pemuncak pada industri keuangan, disusul oleh Citigroup, Allianz dan Credit Agricole. Menarik disimak, keberhasilan ING menyodok keperingkat ke-13 sekaligus melampaui raksasa keuangan Citigroup dari Manhattan, New York.


Jaringan toko Wal-Mart di Beijing

Pertarungan klasik di industri toko ritel, masih menghadirkan Wal-Mart vs Carrefour, walaupun dari sisi pendapatan kedua perusahaan tersebut cukuplah jauh. Hingga saat ini, Wal-Mart yang memiliki tag-line “everyday is low price”, mampu memikat konsumen ritel dunia yang mengantarnya menjadi pemuncak di tahun lalu dan turun satu peringkat ditahun ini.

Sayangnya, data yang dirilis Fortune 500 ini tak satupun menghadirkan perusahaan-perusahaan asal Indonesia. Telkom sebagai perusahaan terbesar nasional hanya duduk di posisi 800-an, kalah dibandingkan Petronas (Malaysia), PTT (Thailand), dan Flextronics International (Singapura).


Berikut 10 Besar Perusahaan Dunia :

1.  Exxon Mobil, AS  Penjualan : US$ 339.938 milyar

2. Wal-Mart Stores, AS  US$ 315.654 milyar

3. Royal Dutch Shell, Belanda  US$ 306.731 milyar

4. British Petroleum, Inggris  US$ 267.600 milyar

5. General Motors, AS  US$ 192.604 milyar

6. Chevron, AS  US$ 189.481 milyar

7. Daimler Chrysler, Jerman  US$ 186.106 milyar

8. Toyota Motor, Jepang  US$ 185.805 milyar

9. Ford Motor, AS  US$ 177.210 milyar

10. Conoco Phillips, AS  US$ 166.683 milyar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s