Audisi Kabinet SBY Jilid Dua

Posted: Oktober 19, 2009 in Politik
Tag:, , ,
Kabinet SBY Berpose Di Depan Istana Negara

Kabinet SBY Berpose di Depan Istana Negara

Nama-nama telah tersusun dengan lengkap. Hari ini (Senin, 19/10/09), SBY telah rampung mengaudisi calon-calon yang nantinya bakal membantu beliau dalam menangani problema bangsa. Tanggung jawab bagi mereka yang terpilih tidak lah ringan. Dari daftar nama yang datang ke Cikeas, nampak muka-muka baru yang muda menyegarkan. Yang muda itu datang dari berbagai latar belakang profesi, etnis, dan keahlian. Ada Helmy Faishal Zaini politisi PKB kelahiran 1972. Beliau merupakan calon menteri termuda dalam kabinet ini. Ada Andi Mallarangeng, bang kumis asal Bugis yang kerap mendampingi SBY kemanapun ia pergi. Ada Marty Natalegawa, yang kemungkinan besar akan di plot menjadi menteri luar negeri. Disamping mereka, ada Tifatul Sembiring sang presiden PKS, dan Gita Wirjawan yang memiliki Ancora Capital.

Kabinet SBY kali ini, juga akan diisi oleh orang-orang bersih. Mr. Clean yang masuk kabinet antara lain Gamawan Fauzi, gubernur Sumatera Barat yang berhasil meningkatkan kinerja aparatur negara sekaligus memberantas korupsi di lingkungan pemerintahannya. Selain Gamawan ada Sutanto, mantan kapolri yang dikenal idealis dan bersih.

SBY tentu tidak lupa dengan fatsun politik. Partai-partai anggota koalisi, sesuai janji mendapatkan jatahnya masing-masing. PKS dapat empat, PAN dapat tiga, PPP dan PKB masing-masing dua, bahkan Golkar yang menjadi seteru dalam pilpres kemarin, kebagian jatah tiga menteri. Namun sangat disayangkan, banyak menteri-menteri politis itu duduk di pos yang kurang tepat. Semisal Hatta Rajasa yang disebut-sebut sebagai menteri Koordinator Perekonomian. Dianggap belum tepat untuk duduk pada posisi tersebut.

Dalam kabinet kali ini lulusan UI dan ITB masih mendominasi. Disusul berikutnya oleh anak-anak jebolan UGM. Departemen-departemen perekonomian banyak ditempati oleh alumnus Fakultas Ekonomi UI, walaupun Hatta sebagai koordinator berasal dari ITB. Beberapa lulusan akademi militer/kepolisian juga diangkat menjadi pembantu presiden. Mereka adalah Sutanto, Djoko Suyanto, dan Sudi Silalahi.

Sri Mulyani Indrawati, salah satu anggota kabinet berjender wanita

Dari segi gender, lima orang anggota kabinet berkelamin wanita. Antara lain Sri Mulyani Indrawati, menteri keuangan yang energik dan menjadi salah satu wanita berpengaruh di Asia versi majalah Times. Prestasi Sri Mulyani yang bersinar bak meteor di periode lalu, membuat SBY tak bisa lepas dengannya. Jadilah dia dan Mari Elka Pangestu merupakan menteri yang tetap dipertahankan untuk masuk kabinet Indonesia Bersatu jilid dua. Dari lima orang wanita, satu merupakan istri mantan menteri. Perempuan beruntung itu adalah Linda Amaliasari Gumelar, istri mantan Menhub Agum Gumelar yang saat ini juga menjabat sebagai ketua Kowani.

Dari segi komposisi etnis, orang Jawa tentulah yang terbanyak. Disusul berikut oleh orang-orang asal Minangkabau. Di kabinet ini, etnis Minang out of proportion dari jumlah penduduknya. Orang Minang yang hanya berjumlah 2,7% dari seluruh penduduk Indonesia, menempatkan lima wakilnya (14,7%) di kabinet. Banyak pihak mengkritisi, kabinet ini disusun tanpa mengindahkan keragaman etnis di Indonesia. Salah satu kritik tersebut datang dari La Ode Ida, wakil DPD RI dua periode asal Sulawesi Tenggara. Ida berpendapat, kabinet kali ini tak menempatkan orang-orang Indonesia Timur sesuai dengan proporsi dan kebutuhannya. Hal ini ditandai dengan posisi kementerian percepatan daerah tertinggal, yang biasanya ditempati orang-orang dari Indonesia Timur, kini kemungkinan akan diberikan kepada Helmy Faishal Zaini yang berasal dari Jawa. Lanjut Ida, Helmy tak biasa melihat realitas yang terjadi di Indonesia Timur, sehingga sangat sulit untuk dapat menguraikan kemiskinan di wilayah tersebut.

Apapun hasil audisi, dewan juri yang dikepalai oleh SBY telah memutuskannya. Dan kita rakyat Indonesia hendaklah berdoa dan mendukung, semoga bapak-bapak dan ibu-ibu yang mulia itu dapat bertugas dengan baik dan lurus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s