upi-jaya

Restoran Padang Upi Jaya di Elmhurst, New York

Jika dibandingkan dengan restoran Thailand ataupun Vietnam, jumlah restoran Indonesia di luar negeri tak terlampau banyak. Padahal dari segi populasi ataupun jumlah diaspora, Indonesia jauh di atas dua negara tersebut. Berdasarkan catatan Tempo.co, ada sekitar 8 juta orang Indonesia yang bermukim di luar negeri. Kebanyakan dari mereka bekerja di sektor pertambangan, konstruksi, ataupun pekerja domestik. Sedikit sekali yang terjun ke bisnis kuliner apalagi sampai membuka rumah makan. Dari yang sedikit itu, kaum Minangkabau merupakan satu diantara puak Indonesia di luar negeri yang banyak menekuni bisnis tersebut. Hal ini ditandai dengan hadirnya restoran Padang yang tersebar di beberapa kota mancanegara. Meski belum sebanyak restoran Thailand ataupun Vietnam, namun bolehlah untuk sekedar menunjukan eksistensi kalau masakan Indonesia juga bisa go internasional.

 

* * *

Di Malaysia, hampir di setiap kota utama negara tersebut kita akan menjumpai restoran khas Minangkabau. Terlebih di Kuala Lumpur, tempat dimana sekitar 200 ribu keturunan Minangkabau bermukim. Disini Anda tak kan sulit menemukan orang yang menjajakan nasi Padang. Bahkan kehadirannya di ibu kota Malaysia itu, perlahan tapi pasti mulai menggantikan restoran Mamak yang menyajikan nasi Kandar. Maklum, keduanya memiliki cita rasa yang hampir sama, nasi campur dengan lauk-pauk spicy bergelimang santan. Entah sejak kapan orang Minang berbisnis rumah makan di kota itu. Mungkin pada akhir abad ke-19, ketika banyak diantara mereka yang pergi merantau untuk mengelak penjajahan Belanda. Kini restoran Padang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Kuala Lumpur. Mereka mulai familiar dengan aneka menu seperti ayam pop, dendeng batokok, atau gulai gajebo. Di Kuala Lumpur dan sekitarnya, Anda bisa menemui puluhan kedai makan ala Minangkabau. Ada yang menjadi cabang jaringan restoran di Indonesia, ada pula yang dikelola oleh masyarakat setempat. Beberapa restoran Padang yang cukup ternama antara lain : Seri Garuda Emas, Grand Garuda Baru, dan Puti Bungsu. Tak ketinggalan jaringan Restoran Sari Ratu yang telah membuka cabangnya di Jalan Tuanku Abdul Rahman, Jalan Tun Razak, Bukit Bintang, serta kota-kota satelit di seputaran Kuala Lumpur.

sari-ratu

Sari Ratu di Kuala Lumpur

Tak hanya di Kuala Lumpur, di Johor Bahru-pun kedai nasi Padang tak sulit didapat. Di kota yang berpenduduk setengah juta jiwa itu, ada lebih dari 10 rumah makan Padang. Nasi Padang Mesra, Tiram Klasik Corner, Tampoi, atau Nasi Padang JJ, merupakan restoran-restoran Minang yang cukup terkenal. Yang berbeda dengan resto-resto di Jakarta, sebagian rumah makan Padang disini juga menyediakan gulai siput. Di Sumatera Barat sendiri, gulai siput merupakan menu yang cukup favorit. Gulai ini biasanya dicampur dengan pucuk ubi muda (daun singkong) dengan kuah santan yang kental. Di Johor Bahru salah satu resto yang menyajikan gulai siput adalah Tiram Klasik Corner. Disini, siput yang masih di dalam cangkang, dicampur dengan buah labu serta irisan cabe hijau dan merah. Nasi Padang Mesra yang berada di Bandar Baru Uda, merupakan restoran Padang yang cukup modern. Selain besar dan resik, rumah makan ini juga menyediakan lebih banyak menu. Menurut pengelolanya, setiap hari terdapat 30 jenis lauk pauk yang dihidangkan. Untuk menjaga cita rasa masakan, koki restoran inipun didatangkan langsung dari ranah Minang. Pantas saja pengunjung rumah makan ini selalu membludak. Terutama ketika akhir pekan, disaat warga Singapura bergerudu mengunjungi kota ini.

Di Penang, yang menjual nasi Padang tak sebanyak di Kuala Lumpur ataupun Johor Bahru. Padahal kota ini merupakan metropolitan kedua terbesar setelah Kuala Lumpur. Menurut pencarian, tak lebih dari 10 kedai nasi Padang yang bisa dijumpai di kota ini. Beberapa yang sering diulas orang diantaranya adalah Mutiara Nasi Padang Cafe dan Restoran Pusako yang keduanya berada di Pulau Pinang. Di Seberang Perai (Penang Daratan), adalagi Warung Nasi Padang Sederhana. Restoran ini bukan bagian dari jaringan Restoran Sederhana yang telah membuka puluhan cabangnya di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke Malaka dan hendak menyantap masakan Padang, maka Restoran Indori di Jalan Melaka Raya 1 bisa menjadi pilihan. Restoran ini tak jauh dari Jonker Street dan Benteng A Fomosa, dua tempat yang sering dikunjungi para pelancong.

hajjah-maimunah

Hajjah Maimunah di Singapura

Di Singapura, masakan Padang juga telah diwariskan secara turun temurun. Salah satu sentra makanan Padang yang telah lama eksis adalah kawasan Kampong Glam. Di sekitar Mesjid Sultan saja, Anda bisa menjumpai lima restoran Padang. Warong Nasi Pariaman, Rumah Makan Minang, dan Restoran Sabar Menanti, merupakan restoran-restoran yang telah akrab di lidah warga Singapura. Yang menarik dari ketiga restoran ini ialah pemiliknya merupakan karib kerabat yang berasal dari Sungai Limau, Pariaman. Satu lagi restoran Padang yang memiliki banyak pelanggan adalah Restoran Hajjah Maimunah. Berdiri sejak tahun 1990-an, rumah makan ini memiliki beberapa menu spesifik, seperti gulai siput, ikan bakar, dan barbeque cumi. Selain di Jalan Pisang, Hajjah Maimunah juga membuka cabangnya di Joo Chiat Road, Bencoolen Street, serta Bedok North Street.

Selain di dalam ruangan berpendingin udara, nasi Padang juga banyak dijual di pusat-pusat perbelanjaan. Seperti di Lucky Plaza, Geylang Serai, Tanjong Pagar Plaza, dan ABC Brickworks. Di foodcourt ABC Brickworks misalnya, Anda bisa menemukan beberapa lapau nasi Padang. Salah satunya ialah Hajjah Tuminah Muslim Nasi Padang. Lapau ini hanyalah warung nasi sederhana berukuran 3 x 5 m. Lauk pauk yang ditawarkan-pun tak sebanyak yang tersaji di rumah-rumah makan besar. Tak jauh dari situ, Anda juga bisa menjumpai stall Nasi Padang lainnya : 24 Nasi Lemak Nasi Padang dan Sinar Pagi. Berbeda dengan kedai nasi Padang pada umumnya, di Sinar Pagi Anda bisa menikmati sajian khas Kapau, Bukittinggi.

Di Australia, beberapa rumah makan Padang bisa dijumpai di kota Melbourne. Salah satunya ialah Salero Kito yang didirikan oleh Ezra Toddy pada tahun 2004. Rumah makan ini boleh dibilang cukup recomended. Dari beberapa komentar pengunjung, terlihat bahwa racikan masakan di restoran ini benar-benar menerbitkan selera. Rasanya mirip seperti restoran-restoran Padang ternama di Indonesia. Tak salah jika kemudian Salero Kito banyak dikunjungi orang-orang Indonesia yang datang ke kota ini. Bukan hanya masyarakat kita, para pejabat dan turis Malaysia-pun juga kerap menyambanginya. Selain Salero Kito, Minang Nasi Padang di Swanston Street juga menjadi pilihan mahasiswa Indonesia yang belajar di Melbourne. Terlebih Minang Nasi Padang berlokasi di dekat Melbourne University.

salero-kito

Salero Kito di Melbourne

Selain di Melbourne, restoran Nasi Padang juga bisa dijumpai di Sydney dan Perth. Di Sydney, tepatnya di Anzac Parade, Anda bisa menemukan kumpulan restoran khas Indonesia. Salah satunya ialah Restoran Pondok Buyung yang dikelola oleh Peter Sjarief. Restoran ini pernah masuk ke dalam daftar makanan terbaik di Sydney versi buku “Everyday Eats 2011”. Syarief yang asli Sumatera Barat itu, telah bermigrasi ke Australia sejak tahun 1976 dan membuka restorannya pada awal dasawarsa 1990-an. Keluar sedikit dari pusat kota Sydney, tepatnya di kawasan Lakemba, Anda juga bisa menjumpai Warung Ita. Menurut sebagian orang, hidangan disini lebih terasa otentik. Bahkan “The Sydney Morning Herald” dalam situs beritanya menulis, gaya penyajian warung ini mirip seperti rumah-rumah makan tradisional di Indonesia. Menu-menunya hanya ditulis dengan tulisan tangan : Sate Padang, Soto Padang, Lontong Sayur — dan Anda tinggal menunjuk menu yang akan dimakan.

Bagi Anda yang sering berkunjung ke negara-negara Teluk, kini tak perlu lagi bingung mencari masakan Minang. Di Uni Emirat Arab, setidaknya ada tiga rumah makan yang menjual masakan Padang. Mereka adalah : Sari Nusa dan Java Padang Cafe di Dubai, serta Sari Rasa di Al Zahiyah, Abu Dhabi. Di Arab Saudi, kedai makan Minang tak sulit dijumpai. Di foodcourt-foodcourt yang banyak menjual makanan Indonesia, biasanya ada lapau kecil yang menjual makanan Padang. Di Jeddah, ada satu rumah makan Padang yang ramai oleh pengunjung. Namanya Padang Restaurant yang berada di Al Makarunah Street. Konon katanya banyak orang Arab yang menggemari masakan disini dan membelinya berdus-dus. Sejak tahun 2006, Qatar juga telah memiliki rumah makan Padang. Namanya Minang Indonesian Restaurant yang diusahakan oleh Arfianto Wismar Bachtiar. Perantau asal Lintau, Sumatera Barat itu sebelumnya merupakan karyawan salah satu perusahaan minyak di Doha. Namun karena besarnya minat masyarakat Indonesia untuk mengkonsumasi makanan Padang, ia dan istri kemudian membuka restoran disana.

minangkabau

Restoran Minangkabau di Amsterdam

Tak hanya di Asia-Australia, restoran Padang juga bisa dijumpai di benua biru Eropa. Salah satu restoran yang cukup terkenal adalah Salero Minang yang berlokasi di Prins Hendrikstraat, Den Haag. Restoran yang didirikan oleh Erita Mursyid itu mengklaim masih mempertahankan cita rasa Minangkabau dalam masakannya. Menurut Erita yang asli Minangkabau, memperkenalkan masakan Minang di benua Eropa merupakan kebanggan tersendiri. Terlebih komunitas Indonesia disana terbilang cukup besar. Sama seperti resto-resto Padang di Indonesia, Salero Minang juga menyediakan menu-menu seperti rendang, kalio, gulai tunjang, gulai otak, dendeng balado, serta gulai kepala ikan. Di ibu kota Amsterdam, kita juga bisa menjumpai rumah makan khas urang awak itu. Disini tak cuma cita rasanya saja yang bernuansa Minang, bentuk restorannya-pun menggunakan atap bergonjong layaknya Rumah Gadang di Sumatera Barat. Berbeda dengan di Belanda, di Inggris makanan Indonesia sangat jarang dijumpai. Padahal di negeri Ratu Elizabeth itu perantau Indonesia juga terbilang cukup besar. Maklum Inggris merupakan negara tempat dimana universitas-universitas top dunia berada. Sehingga banyak anak-anak Indonesia berbakat yang melanjutkan pendidikannya disana. Beruntung di London masih ada Firdaus Bustamam yang membuka supermarket Indonesia serta Warung Padang London. Jadi bisa mengobati rasa kangen warga Indonesia yang menggemari masakan Padang.

Di Amerika Serikat, jumlah perantau Minang atau diaspora Indonesia tak sebanyak perantau Asia lainnya. Menurut situs berita L.A Weekly, ada sekitar 44.000 orang Indonesia yang menetap di Amerika. Angka tersebut belumlah seberapa jika dibandingkan dengan perantau asal China, India, ataupun Filipina. Tak salah jika keberadaan restoran Indonesia ataupun restoran Padang di negara itu bisa dihitung dengan jari. Di New York, jika Anda teragak dengan masakan Padang, Anda bisa bertandang ke kawasan Elmhurst. Disana Anda akan menemukan Restoran Upi Jaya yang selalu ramai tak hanya oleh warga Indonesia, namun juga oleh masyarakat lokal setempat. Dulu tak jauh dari situ ada pula Restoran Minang Asli, namun sekarang restoran itu sudah tutup. Di negara bagian California, ada dua tempat dimana Anda bisa menemukan sajian khas Minangkabau. Pertama di Los Angeles, dan yang kedua di San Fransisco. Seperti kebanyakan restoran Padang di mancanegara, disini tak hanya makanan Padang saja yang ditawarkan, namun juga nasi lemak, mie goreng, soto, dan menu Nusantara lainnya.

 

Berikut Daftar Restoran/Kedai Nasi Padang di Mancanegara :

Kuala Lumpur, Malaysia

  • Sari Ratu, Jl. Tuanku Abdul Rahman
  • Sari Ratu, Jl. Sultan Ismail, Bukit Bintang
  • Sari Ratu, GTower, Jl. Tun Razak
  • Sari Ratu, Jl. 4/76C, Desa Pandan
  • Sari Ratu, Jl. Negara, Taman Melawati
  • Natrabu, Jl. Maarof 182, Bangsar
  • Natrabu Xpress, Ecosky, Jalan Kuching, Taman Tasik Indah
  • Sederhana, Jalan Tuanku Abdul Rahman 383-385, Chow Kit
  • Sederhana, Jalan Raja Abdullah 89, Kampung Baru
  • Capital Cafe, Jl. Tuanku Abdul Rahman
  • Seri Garuda Emas, Jl. Raja Alang, Kampung Baru
  • Rose, Jl. Raja Alang, Kampung Baru
  • Grand Seri Garuda Emas, Jl. Raja Abdullah, Kampung Baru
  • Grand Garuda Baru, Jl. Raja Abdullah, Kampung Baru
  • Kampung Baru, Jl. Raja Abdullah, Kampung Baru
  • Puti Bungsu, Jl. Yap Kwan Seng, Batam
  • Masakan Padang Asli, Jl. Raja Muda Musa, Kampung Baru
  • Salero Negori, Jl. Gurney, Dato Keramat
  • Minang Salero, Jl. Sentul Pasar, Kampung Padang Balang, Sentul
  • Minangkabau, Jl. Dang Wangi
  • Nasi Padang@Lemon Food Court, Low Yat Plaza, Jl. Bukit Bintang
  • Setia Menanti, Jl. Jelatek, Taman Keramat
  • Gombak, Jl. Gombak

Putra Jaya, Malaysia

  • Godang, Ayer@8, Presint 8
  • Sari Indah, Alamanda Shopping Centre, Presint 1

Petaling Jaya, Malaysia

  • Salero Negori, Amcorp Mall, Jl. Persiaran Barat
  • Sari Ratu, Jl. PJU 5/12, Dataran Sunway, Damansara
  • Salero Mande, Jl. 16/11
  • Sederhana, Daju 5 Darul Ihsan, Jalan Barat, Seksyen 8

Subang Jaya, Malaysia

  • Sari Ratu Prima, Subang Parade, Jalan SS 16/1
  • Sabang, Taipan
  • Salero Negori, Jl. SS 15

Kelana Jaya, Malaysia

  • Sari Ratu, Jl. SS6, Dataran Glomac

Ampang, Malaysia

  • Sari Ratu, Jl. Mamanda 9, Taman Datuk Ahmad Razali
  • Pelita, Ampang Putra, Taman Putra Sulaiman

Kota Bharu, Malaysia

  • Hover, Jl. Dato Pati, Bandar Kota Bharu

Johor Bahru, Malaysia

  • Mesra, Jl. Padi Emas 1, Bandar Baru Uda
  • Ale Ale, Taman Cempaka
  • Nasi Padang JJ, Jl. Teratai 4
  • Tampoi, Jl. Tampoi, Taman Mulia
  • Jumpa Lagi, Jl. Ibrahim
  • Restoran Causeway Nasi Padang Ina, Jl. Lingkar Dalam, Stulang Darat
  • Noor Nasi Padang, Jl. Sutera, Taman Sentosa
  • Suka Ramai, Jl. Wong Ah Fook
  • Lestari, Jl. Perwira 1, Taman Ungku Tun Aminah
  • Kak Yah, Jl. Selasih 1, Taman Kemas
  • Tiram Klasik Corner, Jl. Cempedak, Ulu Tiram

Penang, Malaysia

  • Nasi Padang Minang, Jl. Transfer, Georgetown
  • Mutiara Nasi Padang Café, Jl. Tanjung Bunga, Georgetown
  • Pusako, Jl. Tamil, Georgetown
  • Nasi Padang BJ Penang, Jl. Rumbia, Bukit Jambul, Bayan Lepas
  • Sederhana, Seberang Perai

Malaka, Malaysia

  • Indori, Jl. Melaka Raya 1

Seremban, Malaysia

  • Ummi, Jl. Tun Dr. Ismail, Taman Unian
  • Pangeran, Jl. Seremban Jaya, Taman Seremban Jaya

Ipoh, Malaysia

  • Simpang Tiga, Jl. Dato Seri Ahmad Said, Greentown Nova
  • Bersyukur, Jl. Greentown 1, Greentown Nova

Kuantan, Malaysia

  • Selera Padang, Jl. Mahkota

Alor Setar, Malaysia

  • Warisan Cucu, Jl. Pintu Sepuluh
  • Central Nasi Padang, Jl. Sultan Badlishah, Alor Malai
  • D’Samsiah Sidik, Jl. Tunku Ibrahim, Alor Malai
  • Mohamad Ali, Lr. Merpati, Alor Malai

Kuala Terengganu, Malaysia

  • Rex Nasi Padang Sumatera, Jl. Tok Lam
  • Sumatera, Sultan Mohamad
  • Sofinaz, Jl. Masjid Abidin
  • Nurhayati, Jl. Tengku Ampuan Bariah
  • Erwina, Jl. Dato Isaacs, Kampung Dalam Bata

Kuching, Malaysia

  • Selera Bunda, Datuk Wee Kheng Chiang
  • Phraba, Jl. Satok

Kota Kinabalu, Malaysia

  • Ibu, Jesselton Point, Jl. Dua Puluh

Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam

  • Bahagia Terator, Jl. Dato Ratna, Kampong Kiarong
  • Sri Lembayung, Seri Purnama Complex, Kiulap
  • Padang Pariaman, Jl. Gadong

Sengkurong, Brunei Darussalam

  • Pondok Sari Wangi, HYA Building, Jl. Tutong, Kampung Sengkurong

Singapura

  • Warong Nasi Pariaman, North Bridge Rd, Kampong Glam
  • Sabar Menanti, Kandahar St, Kampong Glam
  • Sabar Menanti II, North Bridge Rd, Kampong Glam
  • Minang, Kandahar St, Kampong Glam
  • Hajjah Maimunah, Jl. Pisang, Kampong Glam
  • Sinar Pagi, Circular Rd
  • Sinar Pagi, Geylang Serai Hawker Center, Geylang Serai
  • Sinar Pagi, ABC Brickworks Food Center, Jl. Bukit Merah
  • Hajjah Mona, Geylang Serai
  • Minang House, Lucky Plaza, Orchard Rd
  • Pagi Sore, Telok Ayer Street 88
  • Pagi Sore, Tras Street 100, Tanjong Pagar
  • Pagi Sore, Tagore Lane 50
  • Sari Ratu, Pahang St
  • Sari Ratu, Lucky Plaza, Orchard Rd
  • Garuda, Orchard Central, Orchard Rd
  • Istimewa Kitchen, Bedok Industrial Park Estate, Bedok
  • Istimewa, Hoy Fatt Rd
  • Nasi Padang, Alexandra Village Food Centre, Bukit Merah Ln 1,
  • Rendezvous, Central, Eu Tong Sen St
  • Warung M. Nasir, Killiney Rd
  • Yusof Arni’s, Far East Plaza, Scotts Rd
  • Sari Indo, Upper Thomson Rd, Thomson Ridge Estate
  • Punggol, Temasek Boulevard
  • Punggol, Victoria St, Bugis Junction
  • Punggol, Tampines Central 5, Century Square
  • Punggol, Bukit Panjang Plaza, Jelebu Rd
  • Punggol, Jurong East Central
  • Che’ Rose, Lorong 1 Toa Payoh
  • Yanti, Keong Saik Rd
  • Sederhana, Maxwell Rd
  • Maimon, Sin Ming Ln, Midview City Block
  • Yamin, Aljunied Avenue 2
  • Warong Java, North Avenue 1
  • Maisal, Yio Chu Kang Rd
  • River Valley, Mohamad Sultan Rd
  • Dju Dju, Serangoon Avenue 2
  • Serangoon, Bishan St
  • Harummanis, Sennett Estate, Upper Serangoon Rd
  • Sally’s, Upper Serangoon Rd
  • Nur Indah, Changi Village
  • Hajjah Tuminah Muslim, ABC Brickworks Food Centre, Jl. Bukit Merah
  • 24 Nasi Lemak Nasi Padang, ABC Brickworks Food Center, Jl. Bukit Merah
  • Wa’Man Salwa, Geylang Serai Food Center, Geylang Serai
  • U.B, Holland Drive Market and Food Center, Holland Drive
  • Nasi Padang Muslim Food, Tanjong Pagar Plaza
  • Muslim, People’s Park Cooked Food Center, New Market Rd
  • Katrina, KK Womens and Childrens Hospital, Bukit Timah Rd
  • Famous, Kopitiam Tampines Mall, Tampines Central 5
  • Famous, Kaki Bukit Amenity Centre, Kaki Bukit Avenue 1
  • Mansor D’Cafe, Far East Plaza, Scotts Rd

Phnom Penh, Kamboja

  • Padang House, Sisowath Quay
  • Warung Sumatra, Street 456, Toul Tempong

Dilli, Timor Leste

  • Sari Bundo, Pertokoan Colmera
  • Sederhana, Audian St
  • Puti Bunga

Hongkong, China

  • Padang Indonesia, JP Plaza, Paterson St, Causeway Bay

Beijing, China

  • Padang, Shimao Dept. Store, Sanlitun

Ansan, Korea Selatan

  • Warung Lea, 798-13 Wongok-dong, Danwon-gu

Tokyo, Jepang

  • Merah Putih Cafe, 2 Chome-10-9 Hyakunincho, Shinjuku

Melbourne, Australia

  • Salero Kito, Tivoli Arcade, Bourke St.
  • Minang Nasi Padang, Swanston St, Carlton
  • Bundo Raya, Commercial Rd, Prahran

Sydney, Australia

  • Pondok Buyung, Anzac Parade, Kensington
  • Warung Ita, Haldon St, Lakemba
  • Dapur Ibu Alya, Haldon St, Lakemba

Perth, Australia

  • Indonesia Indah, Barrack St.

Doha, Qatar

  • Minang Indonesian, Al Asmakh St

Dubai, Uni Emirat Arab

  • Java Padang Cafe, 21st St, Al Karama
  • Sari Nusa, Al Diyafah St, Al Karama

Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

  • Sari Rasa, 9th St, Al Zahiyah

Jeddah, Arab Saudi

  • Padang, Al Makarunah St, Mishrifah
  • Indonesian Padang, Serafi Mall, King Fahd Rd, Al Faysaliya

Mekkah, Arab Saudi

  • Indonesian Padang, Al Madina Al Monawara St

Amsterdam, Belanda

  • Sari Citra, Ferdinand Bolstraat, De Pijp

Den Haag, Belanda

  • Salero Minang, Prins Hendrik St.

Rotterdam, Belanda

  • Minangkabau, Plaszoom
  • Dewi Sri, Westerkade

London, Inggris

  • Warung Padang London, Prince of Wales, Llewellyn St

New York, Amerika Serikat

  • Upi Jaya, Woodside Avenue, Elmhurst

San Fransisco, Amerika Serikat

  • Indonesia, Post St

Los Angeles, Amerika Serikat

  • Indo Kitchen, Fourth St, Alhambra
  • Simpang Asia, National Boulevard
Komentar
  1. Adillah andika nasir berkata:

    Masyaallah!! Artikel nya keren sekali. Kebetulan saya adalah mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional. Saya orang minang asli. Saya ingin meneliti tentang rumah makan minang di mancanegara. Terima kasih atas infonya yang lengkap 😊

    Suka

Tinggalkan komentar