sumber : kompasiana.com

sumber : kompasiana.com

Pilpres 2014 ternyata bukan cuma menciptakan kegaduhan dan intrik-intrik politik. Namun juga cerita-cerita lucu yang dibuat oleh tim-tim kreatif dadakan. Dari sekian banyak cerita yang terkumpul, baik itu melalui facebook, instagram, twitter, blog, atau media-media partisan, penulis melihat cerita-cerita bergambar-lah yang laris di “pasaran”. Gambar-gambar yang berisi monolog atau dialog tokoh-tokoh politik, biasanya menjadi kesukaan para netizen. Seperti gambar di samping, yang memperlihatkan “strategi” Prabowo yang akan mengurangi kebocoran anggaran. Gambar ini ternyata mendapatkan apresiasi yang cukup luas dikalangan pengguna media sosial.

Gambar lainnya adalah foto Aburizal Bakrie sedang memegang keris. Gambar ini beredar luas di twitter, setelah Ahmad Dhani berkicau akan memotong kemaluannya jika Jokowi terpilih menjadi presiden. Selain tokoh-tokoh politik, beberapa media partisan seperti TV One juga terkena olok-olok masyarakat. Gambar-gambar kreatif yang menunjukkan ketidakakuratan media tersebut menjadi perbincangan di beberapa akun twitter. Yang cukup populer diantaranya ialah hasil pertandingan Piala Dunia yang disiarkan oleh TV One. Dengan menggunakan hashtag “TV One Memang Beda”, hasil pertandingan yang seharusnya dimenangkan Argentina, malah berbalik menjadi kemenangan Belanda.

sumber : kabar24.com

sumber : kabar24.com

Dunia politik — terutama teatrikal para politikus — dari dulu menjadi sumber yang kaya akan satire. Selalu saja ada sesuatu yang dapat dijadikan bahan parodi. Entah itu wataknya, sikapnya, ataupun kebijakan-kebijakan yang diambil. Sejak adanya komputer dan internet, parodi menjadi sesuatu hal yang mudah diciptakan dan disebarkan. Dulu, pada masa Orde Baru, sulit sekali kita menemukan parodi politik yang benar-benar menohok. Paling kita cuma bisa menikmati serial Doyok (Pos Kota) atau Oom Pasikom (Kompas), yang selalu menyuarakan kegetiran hidup masyarakat kecil. Kini setelah 16 tahun reformasi, tepatnya pada saat Pilpres 2014, gambar-gambar humor yang menggelitik terserak dimana-mana. Saking banyaknya, kita terkadang menikmatinya hanya sambil lalu. Gambar-gambar ini ada yang berupa kampanye dagelan (fun campaign), namun banyak pula yang berupa olok-olokan. Yaah.. sepanjang itu tidak mengandung unsur SARA dan pornografi, agaknya kita masih bisa mentolelir gambar-gambar tersebut. Seperti parade gambar-gambar berikut ini :
 

"Kolusi" Jokowi-SBY (sumber : suaranews.com)

“Kolusi” Jokowi-SBY (sumber : suaranews.com)


Jokowi-Mega
Komentar Fauzi Bowo terkait pencapresan Prabowo

Komentar Fauzi Bowo terkait pencapresan Prabowo


Pendukung Jokowi vs Prabowo (sumber : forum.detik.com)

Pendukung Jokowi vs Prabowo (sumber : forum.detik.com)


Prabowo memukul Jokowi
sumber : kaskus.co.id

sumber : kaskus.co.id


sumber : forum.detik.com

sumber : forum.detik.com


Debat
Debat Capres
akurapopo
Prabowo diminta legowo dengan bermain Lego

Prabowo diminta legowo dengan bermain Lego


sumber : solopos.com

sumber : solopos.com


TV One Memang Beda (sumber : mencuat.com)

TV One Memang Beda (sumber : mencuat.com)


sumber : tribunnews.com

sumber : tribunnews.com


Ayo Kita Berantas Korupsi
Prabowo-Hatta
sumber : suaranews.com

sumber : suaranews.com


Prabowo Harus Menang
Prabowo Gagal Lagi

Prabowo Gagal Lagi


 
Lihat pula :
1. 2014 : Tahun Politik yang Gaduh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s