Bermain Domino

Posted: April 20, 2010 in Hiburan
Tag:, , , ,

Tidak banyak permainan tradisional yang merangsang otak, serta penggunaan strategi untuk memenangkannya. Beberapa diantaranya adalah : catur, koa, gaple/domino, serta remi dengan berbagai variannya. Dari semua permainan itu, domino yang paling saya gemari. Gim ini bisa dikatakan permainan alit (bukan elit), permainan orang kebanyakan. Biasanya permainan ini dilakukan di warung-warung kopi atau lepau, sembari ngopi dan makan pisang goreng. Tak jelas darimana asal usul permainan ini, ada yang bilang berasal dari China, ada pula yang berpendapat dari Eropa. Yang jelas permainan ini telah dimainkan oleh banyak orang di seluruh dunia sejak berabad-abad lampau.

Tidak seperti halnya catur yang membutuhkan waktu lama dalam satu babaknya, dan hanya bisa diikuti oleh dua orang pemain, domino bisa dimainkan oleh empat orang sekaligus dalam tempo yang lebih cepat. Tak sampai 10 menit, satu babak permainan sudah dapat diselesaikan. Cara bermainnya-pun sangat sederhana. Para pemain yang duduk secara melingkar, hanya diharuskan untuk menurunkan kartu di tangan, sesuai dengan urutan angka-angka yang tersaji di kedua belah sisi. Jika si pemain tidak memiliki kartu yang ditawarkan, maka pemain selanjutnya berhak untuk melanjutkan permainan. Arah putaran permainan sesuai kesepakatan para pemain, searah jarum jam atau arah yang berlawanan.

Permainan domino menggunakan satu set kartu atau batu berbahan acrylic yang berjumlah 28. Kartu, berisi angka-angka yang berpasangan, dari pasangan angka terkecil 0-0 hingga yang terbesar 6-6. Ke-28 kartu dibagi habis secara merata ke empat orang pemain, sehingga masing-masing pemain mendapatkan 7 lembar kartu.

Lain dari gim-gim yang lain, permainan domino mengandalkan kemampuan rasa dan periksa. Disinilah menariknya permainan domino. Para pemain tidak hanya dituntut untuk mampu menghitung (memeriksa) kartu yang sudah di bawah, namun juga harus mampu merasa kartu apa saja yang masih ada di tangan lawan, dan di pihak mana kartu itu berada. Merasakan keberadaan kartu sangat diperlukan, terlebih lagi jika permainan sudah memasuki fase akhir. Sebenarnya tak terlalu sulit menebak kartu yang dipegang lawan, jika si pemain betul-betul menyimak permainan dan memperhatikan kartu apa saja yang telah diturunkan lawan. Selain itu membaca kartu yang tidak dimiliki lawan, juga tak kalah pentingnya. Dengan menawarkan angka yang tidak dipunyai lawan secara berulang, tentu akan menghalangi laju langkah lawan.

Dalam aturan umum permainan domino, pemain yang bisa menghabiskan kartunya terlebih dahulu, dianggap sebagai pemenang. Sedangkan pemain kedua, ketiga, dan keempat, akan dihitung sisa angka yang masih dipegang. Pemain yang memegang sisa angka terbesar dianggap sebagai pihak yang kalah. Saat kartu hasil kocokan dibuka, penentuan nasib segera dimulai. Pemain yang banyak mendapat kartu berangka kembar (balak), boleh dikata kurang beruntung. Apalagi kalau balak yang didapat berjumlah besar, seperti 6-6 (12) atau 5-5 (10). Kartu balak bisa menjadi kartu mati, jika lawan selalu menutup keenam kartu lainnya. Semisal, balak 6 akan menjadi kartu mati, jika setiap turunnya kartu 1-6, 2-6, 3-6, 4-6, dan 5-6, selalu ditutup oleh pihak lawan. Hal inilah yang menyebabkan setiap pemain akan secepat mungkin menurunkan kartu balak dari tangannya. Walaupun begitu, mendapatkan kartu yang berangka kecil-pun, belum tentu kemenangan akan mudah diraih. Biasanya pemain akan lebih senang mendapatkan kartu dengan angka-angka yang terdistribusi merata, karena dengan ini si pemain dapat menjawab setiap angka yang ditawarkan lawan.

Pemain yang mendapatkan empat atau lima kartu berseri, menjadi pihak yang paling beruntung. Kemungkinan besar dia akan menguasai jalannya permainan, hingga akhirnya meraih kemenangan. Semisal, seorang pemain mendapatkan lima kartu berseri 1 : 1-0, 1-1, 1-3, 1-5, dan 1-6, maka angka 1 itu akan menjadi kunci untuk meraih kemenangan. Keberuntungan tidak sebatas itu saja. Pemain yang mendapatkan model kartu semacam ini, dapat pula mendikte permainan lawan, dengan memberikan kesempatan atau menutup laju lawan yang ia kehendaki.

Teknik lain memenangkan permainan ialah dengan cara mengadu kartu. Yaitu teknik menghentikan permainan dengan membuat angka kembar di kedua belah sisi. Teknik ini memang mengandung resiko, karena pemain yang mengadu kartu (pihak penantang) harus memiliki sisa angka paling kecil di antara pemain-pemain lainnya. Jika kondisi ini tak terpenuhi, maka pihak penantang akan menjadi pihak yang kalah.

Selain bermain sendiri-sendiri, variasi lain permainan domino yaitu dengan cara berpasang-pasangan, atau bermain mandan. Bermain mandan biasa dilakukan oleh masyarakat Minangkabau, Aceh, dan Bugis. Mereka menganggap, permainan seperti ini lebih egaliter dan meriah. Bermain dengan cara ini, tak satupun orang merasa lebih berkuasa. Karena selain memperhatikan kartunya sendiri, peserta juga harus memikirkan nasib kartu mandannya. Hal ini juga akan menurunkan tensi egoisme diantara pemain, karena si pemain tak akan bisa menang jika mandannya pun tak bernasib baik. Dalam permainan mandan, bantingan kartu, dehem, dan lelucon yang meluncur dari mulut pemain, merupakan sebuah kode yang menarik untuk disimak. Kode-kode ini biasanya bertujuan untuk mengacaukan perhitungan lawan. Disinilah seninya bermain mandan, selain dituntut memiliki kemampuan rasa dan periksa, kelihaian untuk menjatuhkan mental lawan, serta sikap saling pengertian, sangat dibutuhkan untuk memperoleh kemenangan.

Banyak pelajaran yang bisa didapat dari perminan domino. Seperti halnya di kehidupan sehari-hari, dalam permainan ini kita dilatih untuk bersungguh-sungguh, berkonsentrasi tinggi, serta berani mengambil keputusan. Selain itu kita juga diajarkan bagaimana caranya berhitung, memenej nasib, dan meminimalisir sebuah kegagalan. Dari permainan ini pula, kita bisa mengetahui karakter para pemain. Apakah ia tipikal yang agresif, konservatif, atau seorang yang baik hati.

About these ads
Komentar
  1. BimaSakti85 mengatakan:

    Lebih bagus lagi kaLo ada gambarnya bro
    saLam kenaL … :D

  2. afandri81 mengatakan:

    Oke bung Bima, terima kasih atas masukannya.

  3. markaban mengatakan:

    lam kenal bro, permainan Gaple,bener dan itukah yg dimaksud mandan?

    • afandri81 mengatakan:

      Permainan gaple atau domino bisa dimainkan dengan dua cara. Pertama : main sendiri-sendiri. Kedua : main berpasangan atau mandan. Bermain dengan cara mandan biasa dilakukan oleh orang Bugis, Minang, dan Aceh.

  4. henhen mengatakan:

    trims

  5. canxcilung mengatakan:

    bro, klo main ini gimana,,, ini pake score2an klo scorenya gede dia yang menang…
    walaupun kartu masih ada ditangan

    • afandri81 mengatakan:

      Cara perhitungannya : Pemain yang lebih dulu menghabiskan kartunya akan mendapatkan poin tertinggi, biasanya 3. Kemudian pemain-pemain berikutnya mendapat poin 2 , 1, dan 0, sesuai dengan jumlah kartu tersisa. Pemain yang paling banyak jumlah sisa kartunya tidak mendapat poin alias 0. Di Jakarta, biasanya game akan berakhir sampai angka 30. Pemain yang mendapat poin 30 terlebih dahulu, akan menjadi pemenang.

      Dalam permainan mandan (berpasang-pasangan), jumlah kartu sisa lawan akan menjadi milik pasangan lainnya. Pasangan yang terlebih dahulu menghabiskan kartunya, berhak mendapatkan poin dari jumlah sisa kartu lawannya. Pasangan yang terlebih dahulu meraih angka 101, akan menjadi pemenang.

      • CRoss Guard mengatakan:

        wah, anda salah bro…. yang duluan mencapai angka 101 itu lah yag kalah… karna si pemenang tidak di hitung jumlah angka kartunya, yang dihitung itu jumlah angka dari yang kalah… jadi siapa yang mencapai nilai 101, dia lah yang kalah…

  6. afandri81 mengatakan:

    Mungkin kita berbeda sudut pandang. Namun kebanyakan yang saya temui, jumlah sisa kartu pasangan lawan akan menjadi poin untuk pasangan yang menang. Dan pasangan yang mencapai poin 101 dianggap sebagai pemenang. Walau begitu ada pula pemain yang menghitungnya seperti yang anda tuturkan di atas. Keduanya sah-sah saja dan bisa dibenarkan. Salam kenal Cross Guard, selamat ber-ngeblog ria.

  7. Lagut07 mengatakan:

    KlaW mNrUT saYa samA sPrTi Yg dIatas.
    jdi siaAPa Yg kLah, itu Yg DhItuNg….. Dan Yg mNaNg tdaK dHtUNg. HinGa pOiN mEncApAi 101. dAN kLaw Dah sMpaI 101 ea iTu yG kaLH.

  8. tra mengatakan:

    Saya stuju sma afandri81, karna dlam bermain dgn mnggunkan point yg ter bnyak angka lah yg mnang,,karna yang tertinggal angkaLah yg kalah

  9. fino mengatakan:

    tips n trik membaca kartu mandan gmna sob…???

  10. fino mengatakan:

    tips n trick membaca batu mandan gimana sob,,, n pada umumnya kalo membanting batu itu tandanya meminta atau tdk ada lg, misalnya di meja terletak batu dengan ekor 2 dan 3, mandan membanting batu di 2 dengan mengeluarkan 2,5,,, artinya gmana tu sob…???

  11. Afandri Adya mengatakan:

    Agak susah menerangkannya disini. Tapi batu mandan dan batu lawan bisa dibaca setelah batu di tangan mereka tersisa 3 atau 2 batu. Kunci bermain domino adalah konsentrasi dari awal hingga akhir permainan. Perhatikan batu apa yang dikeluarkan oleh lawan dan mandan kita. Tiga atau empat putaran, kita telah mengetahui titik lemah dan kekuatan lawan/mandan. Selamat bermain.

  12. Arista mengatakan:

    Aih, domino, selalu membuat mata tak bisa tidur–bahkan ketika kita di posisi pengamat saja. Yang paling mengasikkan dr permainan ini ketika lap2 terakhir, extra mikir! Tapi kl udah menang, bawaannya bakalan “cemeeh” lawan, apalagi kl pake taruhan buat kopi, nyuci piring, masak nasi goreng! Mantab dan paling cocok buat anak koslah domino mah..

  13. Abdul wahab mengatakan:

    Gaple juga bisa dimainkan 1-4 pemain,bro !

  14. nino mengatakan:

    Adakah teory alogaritma untuk permainan domino ini..?

  15. Afandri Adya mengatakan:

    Untuk teori algoritma, sampai saat ini belum ada orang yang mengkajinya. Saya rasa permainan ini lebih dominan rasa (feeling) daripada periksa (hitung-hitungan), sehingga teori matematika tidak terlalu dibutuhkan dalam permainan ini. Kuncinya cuma konsentrasi dan punya feeling yang baik.

  16. nana mengatakan:

    om ,ada bukunya gak tehnik cara bermain gaple

  17. iphow mengatakan:

    mas brow ?? gag ad trik bwat main domino supaya kita bisa menang ??? tolong jawab !!!

    • Afandri Adya mengatakan:

      Tak ada trik khusus untuk bisa memenangkan permainan ini. Seperti yang telah saya utarakan di atas, permainan ini menuntut kemampuan rasa (feeling) dan periksa (logika/matematika). Dengan sering berlatih, Anda akan terbiasa merasakan atmosfer permainan, mampu membaca kartu lawan, dan memenangkan pertarungan. Selamat bermain. Salam.

    • rizal mengatakan:

      Ada bro.klw mau menang.beli kaca mata tembus pandang,supaya kita tau kartu lawan.salam hahaaa

  18. Mr.Black mengatakan:

    Mas Broo ?? Kalo main Q Q gimana pulak tu mas Bro ?

    • rizal mengatakan:

      Klw mau menang, klw kartu kita apes terus, sediakan kartu 1 kotak. Gunanya agar bisa diganti klw apes terus. Terus modal harus kuat, udah gitu kita jangan kalah gertakan. Usahakan sebelum membeli kartu ke empat, kita harus tawar harga kandas, agar kartu lawan yang ada harapan menang gak ikut beli.

  19. Rifqi raiqal mengatakan:

    Klo beli set kartu nya di mna???
    Slam kenal

  20. ilham apriansyah mengatakan:

    makasih mas, aku belajar padamu. karna selama ini aku masih belum mengerti arti dalam permainan ini.

  21. the.st4.....3LA mengatakan:

    Supaya gaple lebih asyik, baiknya ditambah dengan guyonan2 lucu ma hentakan kartu ke meja.

    Ada gak yaaa main gaple online

  22. tujin mengatakan:

    Bro lo trik maen alit domino tu gimana bro, soalnya sering kalah ni bro, ada gak trik khusus nya bro, misal nya harus selalu buang kartu besar atau ngikutin kartu lawan yang sebelum kita atau gmna bro, soalnya saya pernah kalah ampe 100 jt bro

  23. aldy mengatakan:

    yang punya tehnik tinggi bermain domino. ajarin dung cara nya agar saya bisa menang terus

  24. Kebot empat dua mengatakan:

    Judi itu enak banget
    judi itu untuk menghilangkan STREESSSS

  25. putra mengatakan:

    mas….? dari kartu domino sangat banyak sekali permainan2 yang bisa di lakukan seperti QQ dan lain sebagainya. kebanyakan orang main domino main lewatan tp ada juga yang QQ. yang pengen saya tanyakan gmana trik teknik bermain

    • peter steven mengatakan:

      cara bermain Q Q
      yaitu dgn 4 kartu
      trus 2 kartu pertama jumlah harus 9. Dan 2 kartu kedua jika jumlah juga 9. Itu dinamakan Q Q
      jika tidak mencukupi misal 7 biji dan 8 biji setelah dijumlahkan 15. Berarti Q 5

    • rizal mengatakan:

      Trick nya gini bro. Modal gertakan tinggi untuk membeli kartu ke empat. Sediakan kartu banyak-banyak. Klw kartu apes, bisa ditukar, kartu baru rezeki baru. Hrs sbr smpai kartu naik. Harus sering niph bro. Terutama dari kocokan kartu, itu yg paling utama.

  26. aL mengatakan:

    jadi bagaimana cara melipek kartu itu bg ,..,.
    salam kenal bg

  27. Reval mengatakan:

    betul bNget,,
    saya sangatt setuju.

  28. Didik Hendrianto mengatakan:

    korang lengkap bro,,

  29. ZuaRZyah mengatakan:

    di mandar banyak orang yg pake mantra sakti dalam pertandingan

  30. StroomV mengatakan:

    Utk para pemula, belajar Gaple bisa tuh dipake program MyGaple. Bisa didownload gratis di http://www.myaiz.net/download.html
    …. buat coba2 main gaple bro

  31. rizal mengatakan:

    Lebih bagus main qiuqiu bro. lebih cepat dari dam batu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s